Contoh Cara Membuat Surat Peminjaman Uang

Konsep SuratContoh Cara Membuat Surat Perjanjian Peminjaman Uang. Terimakasih telah berkunjung di blog ini, disini sibagur.com akan berbagi bagaimana cara membuat surat peminjaman uang. Pada postingan sebelumnya, saya telah membagikan tips Contoh Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja yang mana surat tersebut sebagai salah satu syarat ketika kita hendak melamar pekerjaan ketingkat yang lebih profesional lagi.

Surat jaminan peminjaman uang biasanya dibuat sebagai syarat utama sebagai jaminan secara tertulis, yang artinya adalah bahwa surat perjanjian tersebut sah dimata hukum. Kenapa sampai harus membuat surat pinjaman uang segala?, karena untuk menghindari tindakan penipuan atau hal-hal yang dapat merugikan pihak yang meminjamkan uang tersebut (misalnya tidak membayar secara lunas uang pinjaman, melarikan uang pinjaman, telat membayar pinjaman berdasarkan waktu yang telah ditetapkan). Apa pengaruh kuat surat pinjaman tersebut dimata hukum?. Kita bisa perkarakan sipeminjam tersebut kepengadilan apabila melanggar perjanjian sebagaimana yang tertulis disurat perjanjian peminjaman uang yang telah disepakati secara bersama antara sipemberi pinjaman dengan sipenerima pinjaman uang tersebut.

Namun menurut saya, tidak semua hal dalam urusan pinjam meminjamkan uang harus sekali menggunakan surat perjanjian peminjaman uang, misalnya ketika teman Anda sedang butuh duit sebesar Rp. 50.000, apa iya harus membuat surat perjanjian? :-D

Baiklah, di bawah ini adalah contoh surat perjanjian peminjaman uang yang dapat Anda gunakan sebagai referensi bila mana Anda sedang membutuhkannya.

 

SURAT PERJANJIAN PEMINJAMAN UANG

 

No. :                                                                ,                       
Lampiran :                                  
     
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
     
Nama : [nama peminjam]  
Tempat, Tanggal Lahir :  
Alamat :  
No. KTP :  
Pekerjaan :  
     
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Pada Hari ini _________ Tanggal ___ Bulan ________ Tahun ______ saya meminjam uang sejumlah Rp. ___________________ Kepada ____________ yang beralamat di ___________________ .

Adapun cara pengembaliannya dengan mencicil sebanyak : _________ x ____________
Atau _______________ Hari ____________ Lunas. Terhitung dari tanggal ___________________ ,

Dan sebagai jaminannya :
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________

Apabila saya terlambat dalam waktu yang ditentukan ______________, maka jaminan yang saya titip ke Pihak Peminjam ini mutlak menjadi Hak Milik Peminjam, dan apabila saya memindahtangankan jaminan tersebut. Saya bersedia membayar denda 2x lipat dari jumlah pinjaman.

Demikianlah Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari Pihak manapun juga dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan dapat dipertanggungjawabkan.

     

Yang Menyerahkan Pinjaman

 

( ____________  ) 

Yang Menerima Pinjaman

 

 

( ____________  )

Saksi

 

 

( ____________  ) 

 

 

( ____________  ) 

 

Keyword: Contoh Cara Membuat Surat Perjanjian Peminjaman Uang | Contoh Surat