Mengatasi Masalah Memori Internal Selalu Penuh Pada ZenFone 2 Seri ZE550ML

ZenFone 2 Seri ZE550MLMengatasi Masalah Memori Internal Selalu Penuh Pada ZenFone 2 Seri ZE550ML. Sebelum kita melanjutkan membahas topik mengenai memori internal yang selalu penuh, penulis ingin berceloteh sejenak mengenai perjalanan dan sepak terjang ASUS dikancah per-film-an dunia digital. Saat ini ASUS tidak lagi dipandang sebelah mata dalam hal menciptakan perangkat pintar sejenis smartphone.

Sebelum ASUS melahirkan smartphone, hanya beberapa produsen saja yang menikmati keuntungan dan pencapaian karena beberapa produsen pesaing mengalami gulung tikar dikarenakan idealisme pucuk pimpinan yang selalu mempertahankan pemikiran yang bisa dikatakan sudah tidak lagi berlaku dizamannya.

Saya selaku penulis sebenarnya sangat heran dan kagum dengan produk-produk ASUS, apa yang diciptakan selalu memiliki daya tarik. Yang penulis perhatikan dan pelajari dari produk ini adalah, berani dan cepat membuat inovasi baru khususnya untuk desain dan peformanya. Dan yang lebih menariknya lagi, pakar software engineernya sangat kreatif, dimana produk-produk smartphone mereka dapat dikolaborasikan dengan perangkat komputer (Misalnya: Software Remote, PCLink dan ShareLink).

Saya tidak katakan produk dari merk lain jelek (yah...kalau penulis boleh jujur sih, kebanyakan merk lain sebenarnya jelek hehee), namun ASUS berani menciptakan produk dengan kualitas yang terbaik dan menjualnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Kalau berbicara kelemahan, semua produk/merk pastilah memiliki kelemahan, namun masa iya sih produk ternama dengan harga ribuan dollar gampang rusak apa lagi meletup?, belum lagi sering memakan korban dengan luka bakar ringan hingga luka bakar yang sangat serius?. Kalau smartphone dari produk ASUS sih kayaknya penulis belum pernah dengar tuh :-D (kita berbicara real saja ya, marketing dari produk lain jangan tersinggung).

Baca juga: Trik memodifikasi kamera handphone

Baiklah, daripada penulis semakin ngelantur ngomong ngalor ngidul yang ga jelas, penulis akan membagikan sedikit pengalaman bagaimana cara mengatasi memori internal yang selalu penuh pada perangkat ASUS ZenFone 2 Seri ZE550ML (mungkin berlaku juga untuk produk smartphone ASUS lainnya).

Sebelum penulis kebagian solve problemnya, ada baiknya kita simak spesifikasi ASUS ZenFone 2 Seri ZE550ML terlebih dahulu:

    Bodi:  152,5 x 77,2 x 10,9 mm, 170 gram

    Prosesor: Intel Atom Z3560 quad-core 1,8 GHz

    GPU: PowerVR G6430

    Memori Internal: 16GB (Namun karena termakan system, maka real menjadi 12GB)

    Memori Eksternal: Micro SD upto 64GB

    Kamera Belakang: 13 MP, Autofocus, LED Flash (Video Full HD 1080p@30Fps)

    Kamera Depan: 5 MP

    Jaringan: WIFI, GPS, Bluetooth 4.0

    Layar: 5,5 inch” IPS Capacitive Touchscreen (Gorilla Glass 3)

    SIM: Dual SIM GSM / GSM (3G, HSDPA, 4G LTE)

    OS: Android v5.0 Lollipop

    Baterai: 3300mAh

    Talktime: 15 Jam

    Sensor: Accelerometer, proximity, compass

    Other: Video Player, Music Player, File Manager, MiniMovie, Radio FM, Micro USB

 

Setelah Anda melihat spesifikasi diatas khususnya bagian memori internal, menurut Anda apakah itu sangat besar?, kalau tahun 90'an ukuran tersebut sangat besar sekali. Jangankan 12GB, harddisk ukuran 3GB pada saat itu sudah sangat mewah dan sangat besar kapasitasnya bagi kami ditahun 90'an.

 

Coba Anda lihat ukuran-ukuran file-file APK saat ini, ukuran 4MB adalah aplikasi yang sangat standar sekali apalagi untuk OS Android kitkat keatas. Game-game 3 dimensi kalau penulis tidak salah, minimal ukurannya sekitar 40MB, bila diinstall bisa menjadi 80MB keatas (belum lagi bila game tersebut adalah game yang wajib terkoneksi dengan internet yang secara otomatis mendownload file-file ekstensi lainnya untuk level-level lanjutan yang mana akan tersimpan secara otomatis di memori internal, yang apabila dilihat melalui aplikasi clean master, maka besar filenya bisa menjadi 100MB keatas). Itu masih 1 game online, belum 2 atau lebih.

 

Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan memori internal secara berkala, khususnya file-file junk menggunakan aplikasi clean master.

2. Pindahkan semua aplikasi game maupun aplikasi lainnya (yang bukan bawaan) ke memori eksternal.

3. Apabila Anda menggunakan aplikasi BBM, hapus riwayat obrolan secara berkala (karena itu juga termasuk memakan memori internal Anda).

4. Apabila ada beberapa aplikasi bawaan (yang tidak dapat dipindah ke memori eksternal) yang jarang atau tidak pernah sama sekali digunakan, sebaiknya hapus saja.

5. Apabila Anda ingin memindahkan aplikasi bawaan (yang tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal), Anda dapat mencoba aplikasi Mount2SD atau Link2SD, namun smartphone wajib di root (resiko Anda tanggung sendiri).

 

Itu saja saran dari penulis, semoga dapat membantu.

 

Keyword: Mengatasi Masalah Memori Internal Selalu Penuh Pada ZenFone 2 Seri ZE550ML | Mengatasi Masalah Memori Internal Selalu Penuh