CARA DAN TEKNIK MEMODIFIKASI KAMERA HANDPHONE JADUL

MODIFIKASI KAMERA PONSELCARA DAN TEKNIK MEMODIFIKASI KAMERA HANDPHONE JADUL. Disini saya akan bagikan pengalaman saya saat bereksperimen menggunakan ponsel jadul saya, yaitu Nokia E63.

Banyak dari kita yang hobi mengoprek barang-barang elektronik. Ada yang sekedar iseng, ada yang cuma penasaran bentuk jeroannya seperti apa, dan ada juga yang doyan ngoprek karena punya tujuan/misi.

Saya termasuk orang yang doyan ngoprek karena punya tujuan (ya, memang awal-awalnya karena penasaran juga :-D). Daripada cerita panjang lebar, saya akan langsung ke tujuannya saja.

Handphone yang saya korbankan adalah Nokia E63 (masih sehat tentunya), dimana kamera belakang sebesar 2MB Pixel. Untuk percobaan ini, casing harus dilepas, batere benar-benar menempel dipapan sirkuit (bisa direkatkan menggunakan lem setan alias power glue). Layar/display juga menempel dipapan rangkaian (juga anda dapat rekatkan menggunakan power glue).

Pada dasarnya, port audio, layar, port charging dan papan ketik Nokia E63 dapat dicopot karena tersedia semacam port penghubung. Anda harus berhati-hati pada saat melepas bagian-bagian tersebut. Karena lembaran circuit penghubung bagian-bagian tersebut sangat rentan tersobek. Jadi, jika anda tidak berpengalaman dalam hal ini, sebaiknya jangan mencoba-coba eksperimen ini.

EKSPERIMEN INI HANYA UNTUK ORANG-ORANG YANG SUDAH BERPENGALAMAN. Ilustrasinya dapat anda lihat seperti pada gambar di bawah ini.

 Ilustrasi model NOKIA E63
Bagian 1

Coba perhatikan gambar di atas, layar menempel langsung ke papan rangkaian, dimana cuma direkatkan menggunakan power glue. Begitu juga dengan papan ketik, ia menempel tepat di atas penutup mesin modul-modul inti pemroses perangkat tersebut.

 
Bagian 2

Pada gambar bagian 2, dapat anda lihat modul kamera. Disinilah nanti akan kita tambahkan sebuah cermin kecil.


Bagian 3

Pada gambar bagian 3, saya bentuk sebuah cermin dengan ukuran 1 x 1 cm, yang ditempelkan ke sebuah rumah yang saya rancang khusus sesuai ukuran luas penampang modul kamera. Bahan rumah saya buat dari kaleng bekas minuman (kaleng tersebut tipis dan dapat ditekuk/dibentuk). Sudut kemiringan cermin 45 derajat.


Bagian 4

Hasil jadinya dapat anda lihat kira-kira seperti gambar bagian 4.

PENJELASAN
Pada saat kamera dinyalakan, maka gambar yang akan anda lihat posisinya dalam keadaan terbalik. Untuk membalikkan gambar tersebut ke keadaan normal, dapat anda gunakan aplikasi khusus yang dapat membalikkan objek secara vertikal. Disini saya menggunakan aplikasi bernama CameraFX, biar ga penasaran ikon aplikasinya dapat anda lihat seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah anda install aplikasi tersebut, kemudian masuk ke menu. Pilih Flip Image...  ---> Vertical.

Nah, hasil jadinya dapat anda lihat seperti pada gambar di bawah.

Tahukah anda, pada saat kita hendak memotret menggunakan ponsel, untuk mengambil gambar sebuah objek maka posisi ponsel tersebut harus tegak secara vertikal?. Perhatikan gambar diatas, objek sebuah modem yang terletak diatas meja saya ambil secara horizontal. Apakah seseorang akan curiga ketika kita hendak memotret seseorang dalam posisi horizontal?. Saya rasa tidak, ia pasti akan mengira jika kita sedang ber-sms atau sedang melakukan kegiatan-kegiatan lain pada ponsel tersebut.

Menarik bukan?. Silahkan mencobanya jika Anda cukup bernyali mengambil resiko. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

 

Keyword: Modifikasi Kamera Ponsel | Trik Membelokkan Objek Kamera Ponsel