Cara Membuat Lensa Tele Ponsel Menggunakan Kaca Pembesar

Cara Membuat Lensa Tele Ponsel Menggunakan Kaca Pembesar. Disini saya akan bagikan pengalaman saya bagaimana caranya memperbesar obyek yang jauh menggunakan kaca pembesar, dan kamera yang digunakan adalah kamera smartphone (untuk eksperimen ini, saya menggunakan smartphone buatan ASUS dengan model Zenfone seri Laser 2, kamera belakang sebesar 8 mega pixels).

Berawal dari keinginan yang tak terwujud untuk mendapatkan lensa tele yang sangat susah didapatkan didaerah saya, kemudian timbullah ide gila yang terencana ini. Awalnya saya melihat contoh-contoh lensa tele melalui media sosial yang tak disengaja yang katanya dapat mempersar obyek yang apabila dipasangkan pada kamera ponsel, dimana obyek dapat diperbesar sebanyak 4 kali, 8 kali dan bahkan 12 kali pembesaran.

Dipikiran saya saat itu langsung kekaca pembesar, tanpa mate-matika yang jelas bagaimana caranya saya langsung meluncur untuk membeli sebuah kaca pembesar. Saat ditempat penjual kaca pembesar, ada dua pilihan yang diberikan yaitu ukuran kecil dan ukuran yang besar. Kedua ukuran saya beli sekaligus (untuk membandingkan mana yang lebih bagus nanti hasilnya).

Sebenarnya, yang apabila saya ceritakan betapa susahnya saya menemukan bagaimana caranya, namun saya bagikan pengalaman ini pada anda dengan begitu sederhananya, mungkin tulisan ini akan sangat panjang. Anda membaca tulisan ini mungkin bisa memakan waktu seharian. Baiklah, saya akan langsung saja membagikan bagaimana caranya memperbesar obyek yang jauh menggunakan kaca pembesar (anda dapat menggunakan kaca pembesar ukuran berapa saja, namun untuk eksperimen yang saya lakukan saya menggunakan kaca pembesar ukuran diameter 60 mm).

Langkah 1
Saya asumsikan bahwa saat ini anda menggunakan handphone yang telah mendukung fitur auto fokus (AF). Aturlah kamera anda di manual! (seperti yang tertera pada gambar di bawah)

Lensa Tele

Langkah 2
Masuk ke pengaturan auto fokus (AF). Disini auto fokus kita lakukan secara manual.

Langkah 3
Setelah masuk ke pengaturan auto fokus (AF), atur slide bar kearah minus hingga kandas! (seperti gambar di bawah ini). Maka gambar akan kelihatan buram (blur)

Langkah 4
Diruangan tertutup (didalam ruangan) akan berbeda pencahayaan dengan diluar ruangan. Ketika anda akan melakukan pengambilan gambar obyek diluar ruangan, maka gambar akan kelihatan sagat terang (kontras/brightness yang berlebihan). Atur pencahayaannya hingga ketemu terang yang ideal seperti gambar di bawah ini.

Langkah 5
Saya anggap pengaturan cahaya yang anda lakukan kini telah ideal, jangan lupa zoom in kamera ke ukuran terbesar. Kini ambil kaca pembesar, arahkan sejajar dengan lensa kamera. Jarak lensa kamera ke kaca pembesar perlahan anda jauhkan (usahakan tetap sejajar). Namun, pastikan obyek mana yang hendak anda ambil gambarnya. Jauhkan terus lensa kamera dari kaca pembesar perlahan-lahan hingga obyek posisinya terbalik dan temukan titik fokusnya. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil gambar diatas saya ambil dari jarak 5 meter, dimana tulisan sudah tidak dapat lagi terbaca menggunakan mata telanjang. Bagaimana, menarik bukan?.

 

Keyword: Cara Membuat Lensa Tele Dari Kaca Pembesar | Cara Membuat Lensa Tele