Cara Mengajarkan Anak Agar Terbiasa Berbicara Sopan

Cara Mengajarkan Anak Agar Terbiasa Berbicara Sopan

Ada keinginan anak untuk mencoba pilihan kata dan cara berbicara dengan temannya. Namun, anak perlu menyadari cara berbicara dengan teman tidak sama dengan berbicara pada orang yang lebih tua. Maka itu, anak perlu tahu batasan-batasannya berbicara pada Anda atau orang yang lebih tua. Coba berdiskusi santai soal disiplin berbicara dengannya. Anak juga ingin diyakinkan bahwa ia tidak bisa berbicara pada orang tua seperti berbicara pada anak seumurannya. Anda juga harus berbicara dengan pantas sebagai orang tuanya, supaya anak tidak lagi bingung bersikap.

Ajarkan terus pada anak untuk menggunakan kata-kata yang sopan. Ini akan membutuhkan beberapa kali pengulangan sampai ia bisa mengucapkannya dengan benar. Artinya, Anda harus bisa menahan diri berbicara, “Jangan pernah kamu bicara begitu sama Mama!” Elizabeth Pantley, penulis buku The No-Cry Discipline Solution, menyarankan “Coba sejajarkan pandangan Anda dengan anak, tatap matanya, dan katakan dengan tenang namun tegas, ‘Coba berbicara seperti ini: ‘Ma, aku masih ingin bermain lebih lama di playground’.’’ Dan bila ia berhasil mengatakannya, jelaskanlah dengan bijak, “Iya, Mama paham apa maumu. Tapi kita tidak punya banyak waktu hari ini. Sudah saatnya kita pulang.”

Dan, bila anak menyahut balik kepada orang lain, menepilah bersamanya dan ajarkan untuk meminta maaf. Yang perlu Anda ingat, anak belum canggih bertutur kata santun. Kalau saat itu juga ia menolak untuk memperbaiki kata-katanya, minta maaflah pada orang tersebut, lalu jelaskan pada anak sesudahnya bagaimana seharusnya berbicara pada orang dewasa.

 

 

Keyword: Ajari Anak Berbicara Sopan