Jenis Minuman Yang Tidak Layak Konsumsi Untuk Bayi

Jenis Minuman Yang Tidak Layak Konsumsi Untuk Bayi

Sampai si kecil menginjak usia enam bulan, mereka tidak memerlukan asupan cairan apapun kecuali ASI atau susu formula. Di usia tersebut, mereka tidak memerlukan air putih, jus, apalagi minuman dengan kandungan gula, meski cuasa sedang terik. Umumnya dokter baru merekomendasi tambahan asupan cairan selain ASI saat si buah hati mengalami diare atau muntah-muntah.

Bayi cenderung lebih rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh sehingga kondisi seperti diare dan muntah berkepanjangan harus segera ditangani oleh tenaga medis yang berpengalaman. Pada kondisi ringan, dokter akan merekomendasikan bunda untuk memperbanyak pemberian ASI agar mereka terhindar dari bahaya dehidrasi. Untuk kondisi khusus, dokter mungkin akan meresepkan cairan elektrolit khusus bayi guna mengganti cairan tubuh yang hilang akibat gangguan pencernaan tersebut.

Susu Formula Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi
Jika si kecil mengkonsumsi susu formula dan si kecil mengalami gangguan pencernaan, dokter biasanya akan merekomendasikan bunda untuk mengurangi konsumsi susu formula dan menggantinya dengan oralit atau air putih terlebih saat si kecil Nampak terserang sembelit atau konstipasi. Berbeda dengan bayi yang diberi ASI, mereka yang mengkonsumsi susu formula lebih rentan mengalami konstipasi. Tanda umum saat mereka mengalami konstipasi adalah kondisi kotoran yang berbetuk butiran dengan tekstur keras.

Jika ayah bunda menduga si buah hati mengalami konstipasi, baiknya segera temui dokter anak apalagi saat perut mereka kembung dan menangis sebelum mereka BAB. Untuk kondisi tersebut dokter biasa merekomendasikan si kecil minum air putih atau jus buah yang sudah diencerkan dengan air putih.

Jenis Minuman Untuk Bayi
Saat mereka mulai mengkonsumsi makanan padat atau semi padat, mulai berikan mereka air putih untuk menghindari resiko sembelit. Tambahan air putih juga akan membantu ginjal dalam memproses limbah sisa pencernaan makanan padat. Saat pepekan-pekan pertama mengkonsumsi MPASI, asupan air putih tidak begitu penting apalagi saat konsumsi ASI-nya masih banyak.

Ketika mereka menginjak usia 8-9 bulan, pastikan bunda untuk memberikan mereka air putih setiap kali mereka makan. Tidak perlu terlalu kaku dalam pemberian air putih ini, selama mereka minum secara rutin sepanjang hari, si kecil akan baik-baik saja.

Minuman Yang Terlarang Untuk Bayi
1. Susu sapi. Jangan berikan susu sapi sebelum usia mereka menginjak 12 bulan. Susu sapi memang kaya protein namun miskin zat besi, sehingga berpotensi menimbulkan gejala kurang zat besi termasuk anemia. Selain itu kandungan protein dalam susu sapi belum cocok untuk pencernaan bayi.
2. Susu kambing. Kandungan susu kambing tidak berimbang untuk bayi sehingga disarankan untuk tidak memberikannya sebelum usia si kecil menginjak 2 tahun.
3. Minuman berkadar gula tinggi. Termasuk kedalam jenis minuman ini adalah softdrink dan jus buah. Umumnya softdrink mengandung kadar gula tinggi yang terbukti dapat memicu kegemukan dan kerusakan gigi.
4. Susu rendah lemak atau susu skim. Usia bayi adalah masa dimana tubuh memerlukan nutrisi optimal termasuk lemak. Susu rendah lemak mengandung kadar lemak dibawah angka kebutuhan si kecil. Mereka boleh diberikan jenis susu ini setelah usianya menginjak 2 tahun.
5. Teh dan kopi. Termasuk minuma yang mengandung kafein tidak cocok diberikan pada bayi. Kandungan kafein yang cukup tinggi dapat menyebabkan buang air terus dan dapat menstimulasi sistem syaraf mereka. Kandungan zat Tanin dalam teh dapat mengikat zat besi dan mineral lainya sehingga berpotensi menimbulkan gangguan penyerapan zat besi serta mineral lainnya.

 

 

Keyword: Jenis Minuman Yang Tidak Layak Untuk Bayi | Jenis Minuman Untuk Bayi