Memilih Jenis Permainan Yang Sesuai Dengan Usia Balita

Memilih Jenis Permainan Yang Sesuai Dengan Usia Balita

Para ahli sepakat bahwa aktifitas bermain sangat penting bagi perkembangan kemampuan sosial, kecerdasan, fisik, dan emosi si buah hati. Saat mereka bermain, mereka menggunakan panca indra mereka untuk mengenal lingkungan sekitar. Bagi si kecil inti dari bermain adalah ekslorasi, mereka mulai belajar berinteraksi dengan lingkungan serta memahami dan mengenal benda-benda disekitarnya.

Saat si kecil mulai menginjak usia balita, cara bermain mereka akan semakin komplek. Melalui aktifitas bermain mereka akan berlatih kemampuan dasar untuk menjadi manusia seutuhnya seperti belajar mandiri, kreatif, mengasah rasa ingin tau, dan belajar memecahkan masalah. Di tahapan ini mereka juga akan belajar mengelola perasaan dan emosi yang sangat penting dalam membentuk kemampuan sosial mereka.

Jenis Permainan Terbaik Untuk Seorang Balita
Jenis permaina yang mendukung tumbuh kembang si kecil akan bergantung pada usia perkembangan mereka. Salah satu cara mudah dalam menentukan jenis permainan yang tepat bagi mereka adalah dengan mengamati perkembangan skil mereka. Misalnya saat si kecil berusia 20 bulan, mereka sudah mempunyai kemampuan melewati anak tangga, biarkan dia belajar naik tangga di rumah, tentu dengan pengawasan ketat ayah bunda.

Berikut adalah beberapa jenis permainan yang direkomendasikan ahli tumbuh kembang anak sesuai dengan usia perkembanganya:
1. Bermain berinteraksi. Di tahun pertama si kecil sudah bisa berinteraksi dengan ayah bunda. Mereka sudah bisa tersenyum, melihat objek, dan tertawa saat diajak bermain. Permainan cilukba atau mengajaknya bicara akan sangat disukai mereka.

2. Bermain benda. Permainan yang melibatkan aktifitas menyentuh, melempar, memasukan benda kedalam mulut, dan mendorong, cocok diberikan pada si kecil dengan usia 4 sampai 10 bulan. Ayah bunda dapat memberikan mainan seperti theter untuk di pegang dan di gigit si kecil. Pastikan bunda memberikan jenis mainan yang terbuat dari bahan aman dan sesuai usia.

3. Bermain fungsi dan peran benda. Jenis permainan ini cocok untuk si kecil dengan usia 12-21 bulan saat kemampuan imajinasi mereka mulai berkembang, mereka akan memainkan mainan mobil atau motor-motoran.

4. Bermain simbolis. Saat musia mereka menginjak 2 tahun mereka sudah mulai belajar memisalkan benda degan benda lainya, misalnya mereka akan memainkan gantungan baju sebagai senapan, atau botol minumannya sebagai roket yang bisa terbang disertai suara mesin dari mulut mereka.

5. Bermain peran. Saat si kecil menginjak usia 30-36 bulan mereka mulai bisa bermain peran, misalnya bermain peran menjadi dokter, guru, atau yang lainya. Di usia ini biasanya mereka akan berbicara sendiri atau berbicara dengan boneka dan ini normal dilakukan mereka.

 

 

Keyword: Tips Memilih Mainan Balita | Jenis Mainan Yang Cocok Untuk Balita