Sepeda Motor Mio Susah Dinyalakan?, Ini Solusinya

Apakah sepeda motor mio Anda susah dinyalakan?, distarter ga mau dan diengkol (kick starter) juga ga mau?.Sibagur.com akan membagikan beberapa tips dan solusi, dimana tulisan ini merupakan pengalaman pribadi penulis. Masalah dan penyelesaiannya dapat Anda simak di bawah ini.

1: Saringan Hawa.
Tahukah Anda udara sangat penting peranannya pada kerja sepeda motor Anda?. Apabila Anda menggunakan sepeda motor matic karburator jenis vakum, maka udara yang masuk diubah kerjanya menjadi vakum yang berfungsi menaikkan jarum skep melalui karet membran vakum tersebut. Apabila saringan hawa (udara) kotor, maka akan menyumbat pori-pori filter saringan hawa (udara), sehingga udara yang masuk sangatlah kecil. Jadi, untuk mengangkat jarum skep melalui kerja membran tidak akan maksimal, sehingga untuk menyedot bahan bakar yang ada ditangki akan terhambat. Untuk itu, cek saingan hawa Anda, tembak (jos) menggunakan kompresor untuk membersihkan kotoran (debu).

Namun perlu Anda ketahui, penyebab sumbatnya pori-pori saingan hawa tidak hanya dikarenakan debu, bisa juga karena oli hasil pembakaran kendaraan dijalan raya yang bercampur diudara terbuka yang secara kasat mata tidak kelihatan namun lambat laun menumpuk dipori-pori saringan hawa tersebut. Untuk itu tidak ada salahnya agar Anda mencium aroma saringan hawa tersebut apakah kira-kira beraroma oli atau tidak. Jika ya, sebaiknya segera Anda ganti saringan hawa sepeda motor Anda.

2: Karburator.
Untuk kasus yang satu ini, tergantung didaerah mana Anda berada. Apabila Anda tinggal didaerah yang berdebu tinggi (baik itu di daerah industri maupun daerah perkebunan), mungkin bisa jadi karburator Anda yang bermasalah. Komponen yang terdapat didalam karburator sangatlah sensitif dari debu, sekecil apapun debu dapat mempengaruhi proses kerja bahan bakar. Tumpat dikarenakan debu yang masuk kedalam karburator tidak ada jalan lain selain membersihkan komponen karburator tersebut. Untuk itu, service secara berkala karburator Anda, percayakan kepada mekanik yang profesional dibidangnya.

3: Busi.
Pengapian pada busi yang baik akan menghasilkan kerja pembakaran yang baik juga. Apabila poin 1 dan 2 sudah Anda cek dan ternyata bukan itu masalahnya, sebaiknya cek busi Anda. Busi tidaklah bersifat kekal yang dapat digunakan dan dapat berfungsi seumur hidup. Usia busi juga tergantung jauh dekatnya jarak tempuh perjalanan sepeda motor Anda sehari-hari, dan faktor lainnya bisa juga karena tinggi rendahnya kecepatan Anda menggunakan sepeda motor Anda tersebut. Apabila api yang keluar dari busi sudah tidak maksimal, sebaiknya ganti busi Anda dengan yang baru.

4: Klep. (Baca: Cara Setting Klep Motor Matic)
Apabila poin 1 s/d poin 3 sudah Anda lakukan pengecekan yang benar dan ternyata sepeda motor mio Anda tetap tidak menyala, mungkin poin 4 ini adalah penyebabnya. Fungsi klep pada sepeda motor dibagi menjadi 2 yaitu untuk hisap dan buang. Apabila setelan klep padat, maka sepeda motor mio Anda tidak akan dapat dinyalakan, baik dengan cara starter, maupun dengan cara diengkol (kick starter). Untuk itu, mintalah bantuan teman Anda yang mengerti melakukan stel klep untuk motor matic. Biasanya, klep pada sepeda motor matic dengan sendirinya akan padat sendiri, apa lagi kalau sering digunakan untuk balapan (gas tinggi).

Sekian tips dan solusi motor mio (motor matic) kalau susah dinyalakan, semoga tulisan ini bermanfaat.

 

Keyword: Solusi Motor Mio Susah dinyalakan | Solusi Motor Matic Susah dinyalakan