Usia Berapa Bayi Boleh Minum Susu Sapi Atau Formula

Usia Berapa Bayi Boleh Minum Susu Sapi Atau Formula

Para ahli tidak merekomendasikan pemberian susu sapi baik dalam bentuk susu segar atau susu bubuk non formula sebelum si kecil berusia satu tahun. Hal ini disebabkan sistem pencernaan anak dibawah satu tahun belum mampu mencerna kandungan nutrisi pada susu sapi. Selain itu susu sapi mengandung zat besi, vitamin C, dan nutrisi lain yang jumlahnya tidak sesuai dengan kebutuhan si bayi.

Susu sapi juga mengandung jenis protein yang dapat mengiritasi dinding organ pencernaan bayi sehingga dapat berakhir dengan ditemukanya darah dalam kotoran mereka. Jenis lemak yang terkandung pada susu sapi juga dikategorikan bukan lemak terbaik utuk diberikan pada anak dibawah satu tahun.

Saat usia mereka menginjak satu tahun, sistem pencernaan mereka sudah siap menerima segala manfaat dari susu sapi. Kandungan kalsium pada susu sapi diperlukan si kecil untuk pertumbuhan optimal tulang dan giginya. Kalsium juga diperlukan untuk mengatur proses pembekuan darah saat luka, serta mengoptimalkan fungsi otot. Susu sapi juga menjadi sumber protein dan lemak yang baik bagi pertumbuhan si kecil serta karbohidrat untuk melengkapi kebutuhan energi harian mereka.

Berapa Banyak Asupan Susu Sapi Per Hari Yang Boleh Diberikan Pada Bayi?
Para ahli merekomendasikan mereka untuk minum 2 sampai 2 ½ gelas susu sapi per hari. Hindari pemberian susu diatas 3 gelas perhari harena dapat mengganggu nafsu makan mereka. Ingat susu sapi bukan satu-satunya sumber nutrisi yang harus diterima si kecil. Sebagaimana dalam pola empat sehat lima sempurna, ada sumber nutrisi lainya yang harus dikonsumsi si kecil agar pertumbuhan mereka berlangsung optimal.

Bolehkan Si Kecil Diberi Susu Rendah Lemak?
Normalnya para ahli tidak merekomendasikan jenis susu rendah lemak kecuali jika si kecil mengalami obesitas atau kegemukan berlebih. Anak-anak usia balita membutuhkan seluruh lemak pada susu untuk menjaga berat badan normalnya, selain itu susu rendah lemak umumnya mengandung jumlah protein dan mineral yang teralu tinggi untuk anak balita.

Jenis susu rendah lemak khusus mungkin direkomendasikan dokter untuk si kecil yang terlahir dari keluarga dengan riwayat obesitas, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Apakah Susu Sapi Dapat Menyebabkan Alergi Pada Bayi?
Kasus alergi susu pada anak sangat jarang terjadi dan kalaupun ada tubuh si kecil biasanya dapat menyesuaikan kondisi tersebut saat usia mereka menginjak 3 tahun. Tubuh si kecil umumnya sudah mulai mengenali protein susu sapi yang diminum bunda selama masa kehamilan, sehingga tubuh si kecil dapat menerima susu sapi saat mereka mulai mengkonsumsinya. Inilah salah satu alasan kenapa bunda harus minum susu selama masa kehamilan.

Mereka yang mengalami alergi dengan susu sapi biasanya menunjukan gejala-gejala reaksi alergi seperti diare, muntah, nampak darah pada kotoran, kulit memerah dan mengalami pembengkakan terutama disekitar mulut dan dagu, hidung meler, batuk, dan kesulitan bernafas setelah menghonsumsi susu.

Kondisi lain yang berhubungan dengan ketidakmampuan mengkonsumsi susu adalah intoleransi laktosa yang sering ditandai dengan perut kembung dan diare. Intoleransi laktosa bukan alergi dan terjadi saat tubuh si kecil tidak mampu mencerna laktosa yaitu jenis gula yang terkandung pada susu.

 

 

Keyword: Susu Sapi Untuk Bayi | Efek Susu Sapi Pada Bayi